Analisis keterampilan menulis cerita anak pada pembelajaran bahasa indonesia berbasis dalam jaringan(daring) dikelas 4 Sdn brawijaya

Rusmi Ati

Abstract


Pandemi Covid 19 yang telah menjadi pandemi global saat ini menuntut pemerintah melalui kementrian pendidikan dan kebudayaan perihal pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan Covid 19 bagi guru dan bagi siswa untuk semua jenjang diseluruh Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran memalui daring dan  pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi menulis cerita anak di kelas 4 sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Brawijaya Kota Sukabumi. Jenis penelitian menggunakan metode analisis deskriptif , berdasarkan hasil analisis bahwa 20 siswa yang lulus dan 1 siswa yang tidak lulus dengan jumlah siswa sebanyak 25 dan hanya 22 siswa yang mengikuti pembelajaran siswa lulus dengan nilai rata-rata tema 72, alur 85, tokoh 83, lattar/setting 76, gaya/bahasa 91,  dan amanat 75 sebelum penulisan tetapi penulis mengolah data dan mengalisis suatu masalah, pada pelaksanaanya menggunakan pedoman wawancara dan unjuk kerja Subjek penelitian menggunakan Quota sampling untuk pemilihan subjek pada penulisan ini, karena subjek yang diteliti adalah kelompok yang sudah ditentukan sesuai dengan kuota kelas yaitu kelas 4 sekolah dasar dan tidak meneliti banyak subjek untuk diteliti karena keterbatasan waktu penulisan. Hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran berbasis dalam jaringan(daring)pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi menulis cerita anak


Keywords


Pembelajaran daring, keterampilan menulis cerita

Full Text:

PDF

References


Tarigan, h. g. (2013). menulis sebagai keterampilan berbahasa. bandung: angkasa.

Sugiyono. (2015). metode penelitian pendidikan. bandung: alfabeta.

Zubaidah, E. (2015). peningkatan kemampuan mahasiswa menulis cerita anak melalui strategi terbimbing. jutnal Litera, 14 (11) 159.

Nurgiyantoro, b. (2018). penilaian otentik dalam pembelaharan bahasa. yogyakarta: penerbit gadjah mada university press.

Sudiasa, W., Rasna, W., & Indriani, M. S. (2015). Kemampuan menulis cerita fabel dalam pe,belajaran bahasa indonesia siswa kelas VIIINsmpn 6 singaraja. jurnal universitas pendidikan Ghanesa, 2.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i2.3672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.