ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TEORI APOS MELALUI SOAL OPEN ENDED BERBASIS DARING DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

  • Mira Rahmawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Din Azwar Uswatun PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Luthfi Hamdani Maula PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Kata Kunci: Pemahaman KAPOS, Soal Open Ended

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan teori APOS melalui soal open ended pada materi bangun datar berbasis daring. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A SDN Lembursitu Kota Sukabumi yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara berbasis daring yang dilakukan secara mendalam kepada walikelas IV A dan 6 subjek penelitian yang terdiri dari 2 subjek berkemampuan tinggi, 2 subjek berkemampuan sedang, dan 2 subjek berkemampuan rendah. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa tingkat pemahaman konsep matematis siswa berada pada tingkat yang berbeda. Siswa belum mampu menggunakan konsep matematika dengan baik dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan soal open ended. Selain itu, siswa cenderung belum mampu menyajikan alternatif jawaban yang lain dari permasalahan yang diberikan. Maka dari itu, Teori APOS digunakan untuk mengukur sejauh mana pencapaian konsepsi siswa terhadap matematika pada materi bangun datar ditinjau dari rangkaian aksi, proses, objek, dan skema.

Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Teori APOS, Soal Open Ended

Metrics

Metrics Loading ...

References

DAFTAR RUJUKAN
Arifah, U., & Saefudin, A. A. (2017). Matematika Dengan Menggunakan Model. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika. 5 (3), 263–272.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1), 55–61.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Bandung: LPPM UIN Sunan Gunung Djati. 1–10.
Kusaeri, K. (2017). Terbentuknya Konsepsi Matematika Pada Diri Anak Dari Perspektif Teori Reifikasi Dan Apos. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2), 101-105.
Ningsih, Yunika Lestaria. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori Apos Pada Materi Turunan. Jurnal Edumatica. 6 (1), 1-8.
Permendiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Mata Pelajaran Matematika Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar (edisi 1). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Syafri, F. S. (2016). PEMAHAMAN MATEMATIKA DALAM KAJIAN TEORI APOS (Action, Process, Object, and Schema). Jurnal At-Ta’lim. 15 (2), 458-477.
TIMSS. (2015). TIMSS International Results in Mathematics. USA: Boston College.
Yusrina, S. L., & Masriyah. (2016). MATHE dunesa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1 (5), 59–66.
Published
2020-07-05
How to Cite
Rahmawati, M., Azwar Uswatun, D., & Hamdani Maula, L. (2020). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TEORI APOS MELALUI SOAL OPEN ENDED BERBASIS DARING DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 155 - 165. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.122