ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III C SDN DEWI SARTIKA CBM
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan analisis pemahaman konsep matematika menggunakan media video pembelajaran matematika di kelas III CĀ SDN Dewi Sartika CBM Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahh wawancara dan dokumentasi. Peneliti bertindak sebagai instrumen pengumpul data. Teknik analisis data menggunakan model analisis menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan conclusion drawing/ verification. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III C tahun pelajaran 2019/2020. Jumlah siswa sebanyak 28 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas III C cukup tinggi yaitu pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep dan indikator yang kurang dipahami oleh siswa yaitu indikator mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep. Hambatan yang dihadapi oleh guru yaitu tidak dapat membimbing siswa secara maksimal, keterbatasan siswa dalam memiliki dan menggunakan handphone serta orang tua yang tidak dapat meluangkan waktu kerja.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Video Pembelajaran, Matematika
Metrics
References
Masykur, M., & Fathani, A. H. (2017). Mathematical Intelligence. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Jaelani, S., Darsikin, D., & Saehana, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Video Pembelajaran Dan Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(1), 50.
Sari, P. (2017). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. II(1), 41ā51.
Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106ā111.
Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.