ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III C SDN DEWI SARTIKA CBM

  • Vanisa Salsabila Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Arsyi Rizqia Amalia PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Luthfi Hamdani Malula PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Pemahaman Konsep, Video Pembelajaran, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan analisis pemahaman konsep matematika menggunakan media video pembelajaran matematika di kelas III CĀ  SDN Dewi Sartika CBM Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahh wawancara dan dokumentasi. Peneliti bertindak sebagai instrumen pengumpul data. Teknik analisis data menggunakan model analisis menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan conclusion drawing/ verification. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III C tahun pelajaran 2019/2020. Jumlah siswa sebanyak 28 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas III C cukup tinggi yaitu pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep dan indikator yang kurang dipahami oleh siswa yaitu indikator mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep. Hambatan yang dihadapi oleh guru yaitu tidak dapat membimbing siswa secara maksimal, keterbatasan siswa dalam memiliki dan menggunakan handphone serta orang tua yang tidak dapat meluangkan waktu kerja.

Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Video Pembelajaran, Matematika

Metrics

Metrics Loading ...

References

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116ā€“137.
Masykur, M., & Fathani, A. H. (2017). Mathematical Intelligence. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Jaelani, S., Darsikin, D., & Saehana, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Video Pembelajaran Dan Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(1), 50.
Sari, P. (2017). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. II(1), 41ā€“51.
Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106ā€“111.
Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Published
2020-07-05
How to Cite
Salsabila, V., Rizqia Amalia, A., & Hamdani Malula, L. (2020). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III C SDN DEWI SARTIKA CBM. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 148 - 154. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.123