Pengembangan Media Komik Berbasis Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Metamorfosis Di Kelas Tinggi

Feni Andayani, Luthfi Hamdani Maula, Astri Sutisnawati




Abstract


This study aims to develop digital-based comic media on students' critical thinking skills on high-class metamorphosis material. This type of research uses Research and Development (RnD). The research instrument used questionnaires and tests. The subject of this research was conducted by a validator (a media expert lecturer, a material expert lecturer and 2 homeroom teachers). It can be concluded that the quality of comic products as a learning medium for critical thinking skills based on validation results by expert lecturers and practitioners. The final result of the comic media feasibility assessment on each component is that the content, material and media feasibility components are categorized as 'Excellent' by experts and practitioners, making it very feasible to test.

Keywords


Elemantary School; Online Learning; Understanding Mathematical Concepts.

Full Text:

PDF

References


Amir, H. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan. Malang: CV. Literasi Nusantara.

Amir, M.F (2015). “Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar”. Jurnal pada Math Educator Nusantara, (01), 163.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Burhan, N. (2018). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Desstya, Anatri. (2014). “Kedudukan dan Aplikasi Pendidikan Sains di Sekolah Dasar”. Jurnal pada Profesi Pendidikan Dasar FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, (Vol.1), 194-195.

Dewi, dkk. (2013) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together ( NHT) Berbantuan Kit IPA Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD”. Jurnal Pada e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, (3), 3.

Eko, P.Y. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fatimah & Widiyatmoko. (2014). “Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Tema Bunyi Dan Pendengaran Untuk Siswa SMP”. Jurnal pada Jurnal Pendidikan IPA Indonesia”. (2), 152.

Hakim, A.F. (2017). Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Alat-Alat Pembayaran Internasional Pada Materi Perekonomian Terbuka. Skripsi.UNY

Hildayatni, D. (2015). “Pengaruh Modul Pembelajaran IPA Terintegrasi Nilai Agama Terhadap Peningkatan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa”. Jurnal pada Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Universitas Ibn Khaldun Bogor, (5), 3.

Kuswana, W.S. (2013). Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Laksana S.D, (2015). “Komik Pendidikan Sebagai Media Inofatif Mi/Sd”. Jurnal pada Ta’allum, (Vol.3), 157.

Lestari, I. (2016) “Pengembangan Bahan Ajar IPA Komik pada Pokok Bahasa Gerak di SMP”. Jurnal pada Seminar Nasional Pendidikan FKIP Pendidikan Fisika Universitas Jember. (1). 566.

Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL (Problem Based Learning). Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Maharsi, I. (2014). Komik (dari wayang beber sampai komik digital). Yogyakarta: Badan Penerbit Isi Yogyakarta.

Mawaddah. M. (2016). Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Etiket Makan Di Dalam Keluarga. UNY

Muri, A.Y. (2017). Metode Penelitian. Jakarta: PT. Interpratama Mandiri.

Nalinda, H. (2018). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Problem Based Learing pada muatan pelajaran IPA kelas IV SDN Kalisegoro Semarang. Skripsi UNNES

Nizwardi, J. & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Pebriansyah. (2015). “Pengembangan Pembuatan Media Komik Berbasis Komputer Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Sistem Bahan Bakar”. Jurnal pada Jurnal Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya, (Vol.2), 67.

Pengelola web kemdikbud. (2017). Pendidikan Karakter Dorong Tumbuhnya Kompetensi Siswa Abad 21.[Online] Tersedia: https://www.kemdikbud.go.id. [14 Juni 2017].

Riduwan. (2019). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sari, I.P. dkk. (2019). “Pengintegrasian Penilaian Formatif dalam Pembelajaran IPA Berbasis Saintifik Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik”. Jurnal pada Pendidikan IPA Veteran Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Malang, (3), 53.

Sihotang, K. (2019). Berpikir Kritis Kecakapan Hidup Di Era Digital. Yogyakarta: PT Kanisius.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suhartini & Martyani. (2017). “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika”. Jurnal pada Jurnal Gantang Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Alam Ata Yogyakarta, (2), 107.

Sundayana, H. (2017). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Suyono, & Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Usep, K. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera.

Wedyawati & Lisa. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Gabungan). Jakarta: Kencana

Zuhrowati, M. dkk (2018). “Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran IPA pada Materi Pemanasan Global”. Jurnal pada Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, (Vol. 6), 145.


How To Cite

Add References






DOI: http://dx.doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.666

Article metrics

Abstract views : 103 | views : 56

Refbacks



Dipublikasikan Oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar

STKIP Andi Matappa Pangkep

Alamat: Jalan Andi Mauraga No 70 Kabupaten Pangkep-Sulsel

Cp. 08114627656 dan Email: [email protected]

 

DIKDAS MATAPPA telah terindex oleh:

 

      

 

Dedicated to:

     

 

  Creative Commons License

DIKDAS MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.