Lisnawati, Lilis (2020) PENGARUH PARENTING TERHADAP PEMAHAMAN ORANG TUA MENGENAI CALISTUNG PADA ANAK. JURNAL PELITA PAUD, 5 (1). pp. 26-31. ISSN 2615-0360
Text
1076 Download (29kB) |
Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan kedua setelah pendidikan keluarga untuk mempersiapkan kematangan anak ketika melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Berbicara mengenai kesiapan anak, masih banyak masyarakat yang berasumsi bahwa kesiapan yang harus dimiliki anak hanya sebatas pada kemampuan membaca, menulis dan berhitung saja. Maka dari itu, perlunya kegiatan parenting untuk memberikan pemahaman bahwa Pendidikan Anak Usia Dini harus memastikan anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dengan memberikan stimulasi yang sesuai dengan prinsip pendidikan anak usia dini, belajar melalui bermain dengan penggunaan media yang menarik. Metodologi penelitian yang digunaan dalam penelitian ini ialah one group pretest-posttest. Penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata posttest. Selain itu, dilakukan uji t yang menunjukkan nilai t hitung 18.809 >dari t tabel maka dinyatakan H0 ditolak, atau H1 diterima, maka kesimpulannya ialah terdapat pengaruh yang signifikan oleh parenting terhadap pemahaman orang tua mengenai calistung pada anak usia 4-5 tahun.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Parenting, pemahaman orang tua, calistung |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus ID UMMI |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 02:45 |
Last Modified: | 17 Jun 2021 02:45 |
URI: | http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/1727 |
Actions (login required)
View Item |