IMPLEMENTASI MEDIA KARTU GAMBAR HIJAIYAH DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) YASIN

  • Desipa Silvia
  • Leonita Siwiyanti
Keywords: Media KartuGambar, hurufhijaiyah, anakusiadini

Abstract

Peneliti ini didasaridengankurangnyaanakdalam mengenal huruf hijaiyah pada usia 4-5 tahun di RA Yasin. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil implementasi media kartu gambar dalam mengenalkan huruf hijiayah pada usia 4-5 tahun di RA Yasin, Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimana peneliti mengambil subyek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan anak kelompok A yang berjumlah 10 orang, sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian implementasidilapangan, dimanasetelah diberi perlakuan dengan media kartu gambar hijaiyah kemampuan anak sangat meningkat. Terlihat pada saat  melaksanakan kegiatan media kartu gambar anak sangat antusias dan menunjukkan perkembangannya. Anak dapat dengan mudah memahami dalam mengenal huruf hijaiyah, dimana terjadi peningkatan hampir seluruh siswa dari masih belum berkembang menjadi berkembang sesuai harapan. Sehingga dapat dikatakan bahwa dengan media kartu gambar hijaiyah dapat meningkat kemampuan anak dalammengenalhuruf hijaiyah.

References

Abidin, Yunus (2011). Penelitian Pendidikan dalam gamintan Pendidikan dasar dan PAUD. Rizky Press: Bandung
Andari, A. (2012). Bahan Ajar Psikologi Perkembangan 2. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Biru.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arsyad, A. M. . (2018). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Asnawir, B. U. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat.
Dewi K & Herman Z. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 No.1, 81–96. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/1489
Dhieni, N. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Harjanto. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hasan, M. (2009). PAUD (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI). Jogjakarta: Diva Press.
Hasnidah. (2015). Media Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Luximo Metro Media.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Kurniawan, H. (2002). Penggunaan Media Kartu Terhadap Peningkatan Kemampuan Anak dalam berhitung. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.
Liza, F dan Arif, M. (2011). Bahasa Arab Al-Qur’an. Jakarta: UHAMKA.
Masitoh, D. (2017). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Purwanto, A. (1997). Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: Rosda Jaya Putra.
Sadiman, Arief.S, D. (2006). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Siwiyanti, L. (2015). Panduan IlmuTajwid (untuk mentoring BTQ). Bekasi: CV. Nurani.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks Pertama Putri Media.
Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Suyanto. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.
Thoiruf. (2008). Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Rasail.
Trisniwati. (2014). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metide Permainan Kartu Huruf Pada Kelompk B1 TK ABA Ketanggungan Wirobrajan. Skripsi. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/13605/1/Skripsi Trisniwati 10111247005.pdf
Yaumi, M. dan N. I. (2013). Kecerdasan Jamak. Jakarta: Kencana.
Published
2019-02-04
How to Cite
Silvia, D., & Siwiyanti, L. (2019). IMPLEMENTASI MEDIA KARTU GAMBAR HIJAIYAH DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) YASIN. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 6(2), 25-39. https://doi.org/10.32534/jjb.v6i2.1353