APLIKASI PENDETEKSI PENYAKIT SAPI MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS WEB

Moch Angga Agustian Mauludin

Sari


Potensi peternakan di kota Sukabumi sangat memiliki pengaruh besar terhadap Sebagian besar pasar pasar yang ada di kota sukabumi,terutama para pedagang daging sapi yang memiliki pengaruh besar terhadap sebaran perdagangan di pasar sukabumi, akan tetapi banyak seakale para peternak sapi mempunyai masalah mengenai hewan yang sedang dirawatnya, terdapat beberapa penyakait yang sering menggangu para peternak hewan sapi di Indonesia khususnya di daerah Kota Sukabumi banyak sekali para peternak sapi yang menemukan hewan ternaknya yang terinfeksi penyakit tertentu sehingga membuat para peternak mengalami kerugian akan perdangan hewan sapi ini di sebabkan oleh penyakit yang membuat sapi menjadi tidak layak diperjual belikan. Di era modern ini sudah seharusnya masyarakat memiliki pengetahuan akan permasalahan yang di hadapinya salahsatunya adalah penanganan dalam sector perternakan sapi untuk mengatasi beberapa sapi yang sering menderita sakit atau terinfeksi firus tertentu, beberapa perternak mengalami kebingungan dalam menentukan sapi tersebut memiliki potensi terkena penyakit seperti apa. Sistem pakar adalah perumpamaan pemindahan pengetahuan dari seorng pakar kepadasebuah mesin atau sebuah program, dalam hal ini sistem pakar adalah solusi permasalahan yang terjadi pada peternak sapi di kota sukabumi. Dengan metode Forward Chaininng ini adalah metode penyelesaian dari sistem pakar untuk memudahkan para peternak sapi mengatahui penyakitnya tanpa mengeluarkan dana yang terlalu besar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rahmi Ras F, Nelly Astuti H, Efori B. Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Asidosis Tubulus Renalis Menggunakan Metode Certainty Factor Dengan Penelusuran Forward Chaining. Media Inform Budidarma. 2017;1(1):13-16.

Harianto I. Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Sepeda Motor Matic Injeksi Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Android.

Yunus M, Setyowibowo S. Aplikasi sistem pendukung keputusan diagnosa penyakit paru- paru dengan metode forward chaining. 2001;2(2).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Didukung oleh:

STMIK Kaputama
Jl. Veteran No. 4 A - 9 A Binjai Kota Email : jtik.kaputama@gmail.com
p-ISSN : 2548-9704
e-ISSN : 2686-0880