PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING BERBASIS MULTIPLE LINGUISTIC INTELLIGENCES TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS

Amalia, Arsyi Rizqia and Tarwati, Kartika (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING BERBASIS MULTIPLE LINGUISTIC INTELLIGENCES TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS. In: Seminar Nasional Pendidikan 2017, 09 Agustus 2017, Sukabumi.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
30. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING30.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning berbasis Multiple Linguistic Intelligences terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI). Judul tersebut diambil dengan didasari pengalaman peneliti selama mengajar mahasiswa PGSD yang terbukti memiliki kecerdasan linguistik yang bervariasi dalam satu kelasnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pelaksanaan Model Pembelajaran Cooperative Learning berbasis Multiple Linguistic Intelligences, pengaruh penerapan model Pembelajaran Cooperative Learning berbasis Multiple Linguistic Intelligences terhadap penguasaan kosakata dan kemampuan bicara dalam bahasa Inggris pada mahasiswa PGSD UMMI dalam mata kuliah English for Specific Purposes (ESP). Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan 1 kelas kontrol dan 1 kelas eksperimen. Penelitian dilaksanakan selama satu semester. Hasil dari penelitian ini yaitu berkaitan dengan penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning berbasis Multiple Linguistic Intelligences serta dampaknya terhadap kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris pada mahasiswa PGSD UMMI. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran dan pengalaman belajar mahasiswa yang dinilai melalui pengisisan angket serta serangkaian penilaian harian, dapat dilihat bahwa motivasi mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris dengan penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning berbasis Multiple Linguistic Intelligences dinilai baik. Penguasaan kosakata mahasiswa meningkat sebesar 3,19 poin serta kemampuan berbicara mahasiswa meningkat sebesar 1,97 poin. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning berbasis Multiple Linguistic Intelligences cukup efektif untuk digunakan dalam upaya meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris pada mahasiswa PGSD UMMI.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: multiple linguistic intelligences, cooperative learning, kemampuan Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 26 Sep 2017 03:51
Last Modified: 27 Sep 2017 04:15
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item View Item