PENGEMBANGAN MEDIA REFLECTIVE-PICTURE STORYBOOK UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DEMOKRATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Susilaningrum, Endah Sri and Mustadi, Ali (2017) PENGEMBANGAN MEDIA REFLECTIVE-PICTURE STORYBOOK UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DEMOKRATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. In: Seminar Nasional Pendidikan 2017, 09 Agustus 2017, Sukabumi.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
25. PENGEMBANGAN MEDIA REFLECTIVE-PICTURE STORYBOOK UNTUK.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Internalisasi karakter demokratis yang kurang berkembang secara optimal dalam diri siswa sekolah dasar menjadikan siswa kurang dapat berpartisipasi secara interaktif dan aktif. Diperlukan adanya pemanfaatan media penunjang dalam proses pembelajaran kurikulum 2013 sebagai sarana penginternalisasian nilai-nilai karakter demokratis dalam diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media reflective-picture storybook yang memenuhi kriteria kelayakan dan dan mengetahui keefektifan media reflective-picture storybook untuk meningkatkan karakter demokratis siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengacu pada 10 langkah prosedur pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD kecamatan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, angket penilaian diri, skala penilaian produk, angket respon guru dan siswa, serta skala karakter demokratis. Keefektifan produk diuji melalui quasi-experimental design. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan: 1) media reflective-picture storybook telah memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi, serta respon guru dan siswa dengan kategori sangat baik; 2) media reflective-picture storybook yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan karakter demokratis siswa. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji coba lapangan operasional diperoleh p<0.05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan terhadap peningkatan karakter demokratis antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media reflective-picture storybook dengan siswa yang tidak menggunakan media tersebut.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: media reflective-picture storybook, karakter demokratis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 26 Sep 2017 03:51
Last Modified: 27 Sep 2017 04:14
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/160

Actions (login required)

View Item View Item