PENERAPAN PEMBELAJARAN EKSPLORATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Rohmat, Imammuddin (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN EKSPLORATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. In: Seminar Nasional Pendidikan 2017, 09 Agustus 2017, Sukabumi.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. PENERAPAN PEMBELAJARAN EKSPLORATIF UNTUK MENINGKATKAN.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pembelajaran eksploratif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa SMP. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IX di salah satu SMP Negeri Kabupaten Bandung. Adapun sampelnya, yaitu sebanyak 34 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa pada kelas kontrol yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis dan skala sikap. Analisis kuantitatif menggunakan independent sample t-test dan MannWhitney test, sedangkan analisis data kualitatif dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran eksploratif lebih baik dari pada kelas kontrol. Analisis data skala sikap menunjukkan bahwa secara umum siswa memiliki respon positif baik itu terhadap pelajaran matematika, pembelajaran eksploratif maupun terhadap soal-soal kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran eksploratif, kemampuan pemahaman matematis, kemampuan komunikasi matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 25 Sep 2017 08:30
Last Modified: 27 Sep 2017 04:16
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/158

Actions (login required)

View Item View Item