Isnanto, Dinar and Juhanda, Aa and Ramdhan, Billyardi (2017) PROFIL SOAL DIMENSI LITERASI SAINS PADA BUKUBIOLOGI SMA/MA KELAS XI KURIKULUM 2013. In: Seminar Nasional Pendidikan 2017, 09 Agustus 2017, Sukabumi.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. PROFIL SOAL DIMENSI LITERASI SAINS PADA BUKUBIOLOGI SMAMA KELAS XI.pdf Download (775kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemunculan soal-soal literasi sains pada buku Biologi SMA/MA kelas XI Kurikulum 2013.Subjek penelitian adalah 452 soal yang terdapat pada buku Biologi SMA/MA kelas XI Kurikulum 2013.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar analisis dokumen soal literasi sains yang di dalamya memuat informasi seperti no, soal, kategori, dimensi literasi sains, dan halaman.Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.Hasil analisis soal dimensi literasi sains adalah soal dimensi sains sebagai batang tubuh pengetahuan (science a body of knowledge)sebesar 60,84% (cukup), sains sebagai cara untuk menyelidiki (Science a way of investigating) sebesar 35,4% (kurang), sains sebagai cara berpikir (science a way of thinking)sebesar 3,76% (sangat kurang), sedangkan untuk soal dimensi interaksi sains, teknologi dan masyarakat (Interaction of science, technology and society) sebesar 0% (sangat kurang).Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa soal-soal yang terdapat pada buku Biologi SMA/MA Kelas XI Kurikulum 2013 memiliki sebaran yang tidak merata pada keempat dimensi literasi sains.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Soal, Dimensi Literasi Sains, Buku Biologi SMA/MA Kelas XI Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpus ID UMMI |
Date Deposited: | 25 Sep 2017 08:30 |
Last Modified: | 27 Sep 2017 04:16 |
URI: | http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/157 |
Actions (login required)
View Item |