ETNOMATEMATIKA: PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN-TAHAPAN KEGIATAN BERCOCOK TANAM

Supriatna, Apit and Nurcahyono, Novi Andri (2017) ETNOMATEMATIKA: PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN-TAHAPAN KEGIATAN BERCOCOK TANAM. In: Seminar Nasional Pendidikan 2017, 09 Agustus 2017, Sukabumi.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ETNOMATEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPANTAHAPAN KEGIATAN BERCOCOK TANAM.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Pertanian merupakan suatu budaya yang telah melekat pada masyarakat Indonesia. Seiring dengan perkembangan jaman, maka budaya ini mulai ditinggalkan dan cenderung tidak dikenal oleh generasi sekarang. Etnomatematika hadir untuk menjembatani antara budaya dan pendidikan. Sumber belajar matematika dapat memanfaatkan budaya sebagai media pembelajarannya. Aplikasi kegiatan pertanian dalam pembelajaran matematika diharapkan dapat mengenalkan dan melestarikan kebudayaan pertanian kepada para peserta didik dan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Metode yang digunakan berupa kajian teoritis atau studi kepustakaan. Dalam penelitian ini, dilakukan pengkajian mengenai pengetahuan, gagasan, atau temuan yang terdapat di dalam literatur sehingga memberikan informasi teoritis dan ilmiah yang terkait dengan aplikasi pertanian dalam pembelajaran matematika. Tahap-tahap bercocok tanam yang digunakan dalam pembelajaran matematika diantaranya tahap pengolahan lahan, seleksi benih, penanaman, perawatan yaitu penyulaman tanaman dan pemupukan serta proses pemanenan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: bercocok tanam, etnomatematika, pembelajaran matematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 25 Sep 2017 04:54
Last Modified: 27 Sep 2017 04:17
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item View Item