MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING DI SMA MUHAMMADIYAH SUKABUMI

Setiani, Ana and Lukman, Hamidah Suryani and Suningsih, Suningsih (2020) MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING DI SMA MUHAMMADIYAH SUKABUMI. [Experiment]

[img] Text
MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING DI SMA MUHAMMADIYAH SUKABUMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Muhammadiyah Sukabumi tahun ajaran 2019/2020 pada pokok bahasan Statistika. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan di kelas XII IPS Muhammadiyah Sukabumi. Tindakan dilaksanakan sebanyak dua siklus, pada setiap siklusnya siswa diberi tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian PTK ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian menujukan adanya peningkatan pada siswa kelas XII IPS Muhammadiyah Sukabumi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan strategi Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping, terlihat dari rata-rata hasil tes sebesar 53,25 pada siklus I menjadi 72,37 pada siklus II. Selain itu juga terjadi peningkatan persentase siswa dilihat dari nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematika pada siklus I yaitu 25 % sedangkan siklus II naik menjadi 75%.

Item Type: Experiment
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Mind Mapping
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 29 Dec 2020 04:06
Last Modified: 06 Aug 2021 06:12
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/1512

Actions (login required)

View Item View Item