PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) SMP DI KABUPATEN SUKABUMI

Suhendar, Suhendar and Setiono, Setiono (2016) PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) SMP DI KABUPATEN SUKABUMI. In: Seminar Akhir Tahun 2015, 26 Januari 2016, Sukabumi.

[img]
Preview
Image
Cover seminar akhir tahum 2015.jpeg

Download (177kB) | Preview
[img] Text
daftar isi prosiding.pdf

Download (349kB)
[img] Text
isi prosiding.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) perlu mendapatkan perhatian, dukungan dari semua pihak, khususnya pemerintah daerah setempat, kepala sekolah, guru dan pemerhati serta ahli lingkungan agar berjalan sesuai dengan yang diharapkan yaitu membangun masyarakat yang peduli lingkungan dan mampu berperan aktif dalam memecahkan masalah lingkungan. Isu-isu persoalan lingkungan baik yang cakupannya lokal, regional hendaknya dijadikan fokus dalam pengembangan kurikulum pendidikan lingkungan hidup. Untuk membangun muatan kurikulum pendidikan lingkunan hidup identifikasi isu persoalan lingkungan menjadi sangay penting dilakukan untuk menentukan materi ajar esesnsial dalam mengajarkan pendidikan lingkungan hidup. Di dalam proses pembelajaran PLH, siswa harus dilibatkan secara aktif (terlibat proses mentalnya) dalam mengonstruksi pengetahuan, sikap dan keterampilannya, Dalam penelitian ini peneliti berusaha mengembangkan model kurikulum PLH yang sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan lokal kabupaten sukabumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan data kualitatif/naturalistik dengan metode penelitian deskriptif dan teknik studi kasus. Studi kasus dilakukan dengan menggali informasi terkait dengan pelaksanaan kurikulum PLH dari kepala sekolah, guru, dinas pendidikan, dinas lingkungan hidup, pemerhati lingkungan dan ahli pengembang kurikulum. Data dikumpulkan dari subyek dan responden penelitian dengan: (1) observasi partisipatif, (2) wawancara, (3) angket, (4) pengkajian dokumen kurikulum pembelajaran, (5) trigulasi serta uji konsistensi antara guru, ahli, pemerintah dan hasil belajar siswa. Draft kurikulum yang dihasilkan menurut sembilan tema dan 41 materi pokok. Sembilan tema yang dimaksud adalah (a) manusia dan lingkungan; (b) memelihara kebersihan lingkungan; (c) sumber daya alam; (d) air; (e) udara; (f) tanah dan lahan; (g) energi; (h) hutan; dan (i) atmosfer dan pemanasan global.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Lingkungan Hidup, Model Kurikulum
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 26 Mar 2020 03:32
Last Modified: 26 Mar 2020 03:32
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/1353

Actions (login required)

View Item View Item