PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN LITERASI BERBASIS CREATIVE THINKING UNTUK MEMBEKALI KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA MAHASISWA CALON GURU SD MENUJU MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

Widiyanto, Rohmat and Nurasiah, Iis (2017) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN LITERASI BERBASIS CREATIVE THINKING UNTUK MEMBEKALI KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA MAHASISWA CALON GURU SD MENUJU MASYARAKAT EKONOMI ASEAN. Utile : Jurnal Kependidikan, III (I). pp. 45-51. ISSN 2460-2086

[img]
Preview
Image
Cover.jpg

Download (909kB) | Preview
[img] Text
6. Pengembangan pembelajaran literasi berbasis creative thinking untuk membekali kemampuan literasi membaca mahasiswa .doc

Download (452kB)

Abstract

Turut sertanya Indonesia dengan masyarakat global seperti MEA, (Masyarakat Ekonomi Asean), AFTA dan APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) akan memunculkan kekhawatiran pada bangsa, ketika SDM yang dimiliki Indonesia saat ini belum cukup mampu dan siap untuk menghadapi globalisasi maka bangsa Indonesia akan mengalami ketertinggalan, pernyataan tersebut dapat ditelisik dari beberapa survey internasional seperti Program International Student Assesment (PISA) dalam studi internasional tentang prestasi literasi membaca, mahasiswa Indonesia usia 15 tahun ke atas menduduki peringkat ke 39 dari 41 negara yang disurvei. Selanjutnya ditinjau dari lembaga/universitas yang menghasilkan calon tenaga ahli juga masih sangat rendah, peringkat universitas di Indonesia yang berada di bawah universitas Singapura dan Thailand (OECD, 2013). Mahasiswa PGSD UMMI sebagai calon tenaga profesional tidak dapat mencapai performance dan skill yang baik tanpa bimbingan yang terampil dan profesional, waktu belajar yang cukup, sumber belajar serta yang tidak kalah pentingnya adalah pola belajar dan pola pikir. Pembelajaran literasi berbasis creative thinking merupakan kerangka konseptual yang digunakan sebagai panduan untuk melaksanakan kegiatan di kelas untuk meningkatkan keterampilan yang berkaitan dengan literasi dan kecakapan berpikir. Dengan kemampuan literasi dan kecakapan berpikir kreatif diharapkan lulusan perguruan tinggi khususnya PGSD UMMI dapat mempersiapkan diri menyongsong masyarakat global 2015-2020.Metode Penelitian ini menerapkan model penelitian R & D (Research and Development) yang mengembangkan pembelajaran literasi berbasis learning trajectori (lintasan belajar) dipadu kreativitas untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca, dan berpikir kreatif bagi calon guru Sekolah Dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran literasi, creative thinking, MEA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:03
Last Modified: 06 Sep 2017 04:03
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/126

Actions (login required)

View Item View Item