Uswatun, Din Azwar and Sutisnawati, Astri (2017) PEMETAAN DIMENSI PENGETAHUAN DAN DIMENSI PROSES KOGNITIF SOAL-SOAL IPA PADA BUKU PEGANGAN SISWA SEKOLAH DASAR KURIKULUM 2013. [Experiment]
Text
[C.3] Penulis Pertama Laporan PDP 2017.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memberikan gambaran level dimensi proses kognitif soal-soal IPA pada buku pegangan siswa Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptik analitik dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 89 soal IPA kelas I, 50 soal IPA kelas II, 166 soal Kelas IV, dan 196 soal Kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan instrumen berupa lembar angket analisis dokumen. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal-soal IPA pada buku pegangan siswa sekolah dasar didominasi oleh soal level rendah (low level) dengan penekanan pada penguasaan konsep. Soal-soal IPA lebih mengembangkan keterampilan berpikir tingkat rendah (Lower Order Thinking Skills) yaitu rata-rata persentase kemunculan soal C1 (remember) sebesar 42,90%; soal C2 (understand) sebesar 44,51%, dan soal C3 (applying) sebesar 6,47%. Rata-rata persentase kemunculan soal yang mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) rendah, yaitu soal C4 (analyzing) sebesar 5,11%; soal C5 (evaluating) sebesar 0,13%, dan soal C6 (create) sebesar 0,88%. Sedangkan Rata-rata persentase kemunculan dimensi pengetahuannya yaitu pengetahuan faktual sebesar 63,69%, pengetahuan konseptual sebesar 28,67%, pengetahuan prosedural sebesar 7,51%, dan pengetahuan metakognitif sebesar 0,13%. Dengan demikian, dimensi applying, analyzing, evaluating, dan create serta dimensi pengetahuan prosedural dan metakognitif soal-soal IPA pada buku pegangan siswa perlu ditingkatkan frekuensinya.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | dimensi proses kognitif, dimensi pengetahuan, soal IPA, buku pegangan siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus ID UMMI |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 01:16 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 01:16 |
URI: | http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/1189 |
Actions (login required)
View Item |