PENGEMBANGAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTIONAL MODEL GAMES PADA INTEGRATED SCIENCE SD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SE-KECAMATAN SUKARAJA

Uswatun, Din Azwar and Rizal, Setria Utama and Sutisnawati, Astri (2016) PENGEMBANGAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTIONAL MODEL GAMES PADA INTEGRATED SCIENCE SD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SE-KECAMATAN SUKARAJA. [Experiment]

[img] Text
[C.1] Penulis Pertama Laporan PDP 2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Din Azwar Uswatun. Pengembangan Computer Assisted Instructional Model Games pada Integrated Science SD untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Se-Kecamatan Sukaraja. PDP. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Universitas Muhammadiyah Sukabumi, 2016. Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran CAI Computer Assisted Instructional Model Games integrated science SD dengan tema “hujan” yang secara rinci tujuan penelitian ini antara lain 1) mengetahui tingkat kelayakan CAI Model Games integrated science SD dengan tema “hujan” hasil pengembangan, 2) mendeskripsikan karakteristik hasil pengembangan CAI Model Games integrated science SD dengan tema “hujan”, dan 3) mengetahui efektivitas CAI Model Games integrated science dengan tema “hujan” dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar se-Kecamatan Sukaraja. Penelitian ini merupakan research & development yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Prosedur penelitian ini meliputi (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) revisi pertama, (5) uji coba lapangan, (6) revisi produk, dan (7) diseminasi. Uji coba lapangan menggunakan one-group pretest-postest design. Subjek uji coba lapangan yaitu siswa kelas III SDIT Al-Khoiriyah Al-Husna Sukabumi. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi, angket, dan tes. Instrumen pengambilan data meliputi pedoman wawancara, lembar observasi, lembar angket, dan soal tes. Pedoman wawancara dan lembar observasi digunakan saat studi pendahuluan. Lembar angket dalam bentuk lembar angket validasi digunakan untuk mengukur kelayakan media pembelajaran CAI. Soal tes terintegrasi pada media CAI model games digunakan untuk mengukur critical thinking skills siswa. Kelayakan media pembelajaran CAI dianalisis dengan konversi skor skala 4. Efektivitas CAI Model Games integrated science dengan tema “hujan” untuk meningkatkan critical thinking skills siswa saat uji coba lapangan dianalisis dengan gain score. Hasil penelitian ini berupa produk media pembelajaran CAI Computer Assisted Instructional Model Games integrated science SD dengan tema “hujan”. Hasil validasi produk menunjukkan bahwa media pembelajaran CAI ini layak digunakan dalam pembelajaran IPA SD dengan rata-rata penilaian dari validator kategori “Sangat Baik”. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa Media pembelajaran CAI model games pada tema “Hujan” efektif digunakan dalam proses pembelajaran IPA SD untuk meningkatkan critical thinking skills siswa dengan gain sebesar 0,81.

Item Type: Experiment
Uncontrolled Keywords: CAI, integrated science SD, keterampilan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 27 Dec 2019 01:05
Last Modified: 27 Dec 2019 01:05
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/1187

Actions (login required)

View Item View Item