PENGEMBANGAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR BERBASIS BLOG UNTUK EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA NEGERI 3 KOTA SUKABUMI TAHUN AJARAN 2018/2019

Satriana, Dasep (2019) PENGEMBANGAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR BERBASIS BLOG UNTUK EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA NEGERI 3 KOTA SUKABUMI TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (211kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (907kB)

Abstract

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pembelajaran dari sumber belajar baik berupa perangkat lunak maupun perangkat keras. Evaluasi merupakan upaya sadar yang dilakukan secara sistematis, berkelanjutan, dan menyeluruh dalam rangka pengendalian, penetapan kualitas, dan penjaminan berbagai komponen pembelajaran berdasarkan pertimbangan dan kriteria yang telah ditentukan. Perangkat lunak wondershare quiz creator merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk pembuatan berbagai soal. Metode peneletian yang digunakan yaitu RND dengan sembilan langkah pengembangan, yakni potensi dan masalah, mengumpulkan data, membuat desain media, validasi desain, revisi desain, uji coba skala kecil, revisi media, uji coba skala besar, dan revisi akhir media. Media evaluasi yang digunakan di SMAN 3 Kota Sukabumi adalah kertas HVS A4/f4 untuk soal dan kertas dari buku peserta didik sebagai media menjawabnya. Berdasarkan uji reabilitas untuk mengetahui ketetapan soal, diketahui bahwa soal yang terdapat dalam media memperoleh nilai 0,51, artinya soal reliabel dengan skala sedang. Kemudian jumlah peserta didik yang berhasil lulus sebanyak 52 orang dan 9 orang gagal. Berdasarkan penilaian validator media sangat layak untuk digunakan di sekolah dan mendapat respon positif dari peserta didik. Berdasarkan pada penilaian para validator diketahui hasil sebagai berikut: ahli media memberikan nilai total nilai 90,91%; Ahli materi memberikan total nilai terhadap media sebesar 87,28%; dan ahli pembelajaran memberikan total nilai 85,45%. Berdasarkan pada penilaian tersebut maka media dinyatakan sangat layak. Kemudian berdasarkan pada angket yang disebarkan kepada peserta didik diketahui bahwa respon peserta didik pada setiap indikator 50% menyatakan “Ya”, artinya media evaluasi pembelajaran mendapatkan respon positif dari peserta didik. Berdasarkan pada data tersebut, H1 diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media, pengembangan, evaluasi, wondershare quiz creator, peserta didik, pendidik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:00
Last Modified: 08 Nov 2019 03:00
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/1061

Actions (login required)

View Item View Item