PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STATISTIKA TERAPAN BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) TERINTEGRASI PROYEK

Suryani Lukman, Hamidah and Setiani, Ana (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STATISTIKA TERAPAN BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) TERINTEGRASI PROYEK. [Experiment]

[img] Text
[C.1] Laporan Akhir PDP 2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) mengenai bahan ajar statistika berbasis ICT terintegrasi proyek yang bertujuan untuk menguji validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya pada perkuliahan statistika terapan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap. Tahap pertama (pendahuluan) meliputi analisis bahan ajar yang akan dikembangkan melalui studi literatur; mendesain web e-learning; merancang dan mengembangkan bahan ajar; validasi oleh dua ahli materi dan satu orang ahli ICT; dan melakukan revisi 1. Hasil yang diperoleh pada tahap 1 adalah terciptanya bahan ajar statistika terapan berbasis ICT terintegrasi proyek yang valid dan dapat diakses pada web e-learning http://www.aplikatif.web.id. Tahap kedua (uji coba kelompok kecil), yaitu melakukan uji terbatas terhadap 10 orang mahasiswa yang dipilih secara acak sebagai pengguna produk dan melakukan revisi 2. Metode yang digunakan pada tahap kedua adalah metode eksperimen single one shot case study. Hasil yang diperoleh pada tahap ini adalah bahan ajar memiliki kriteria praktis digunakan dalam proses pembelajaran karena sudah mampu menumbuhkembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa sebesar 18% dan meningkatkan kinerja mahasiswa sebesar 14%. Tahap ketiga (uji lapangan), yaitu pengujian produk yang dilakukan terhadap satu kelompok sampel yang terdiri dari 97 orang mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta mata kuliah statistika terapan, pada Program Studi Pendidikan Matematika, PGSD, dan Agribisnis di Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Uji lapangan ini menggunakan desain eksperimen before-after. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi dan ahli ICT, lembar penilaian proyek, lembar penilaian kinerja bahan ajar, dan tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar statistika terapan berbasis ICT terintegrasi proyek yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas, khususnya dalam menumbuhkembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa (15,8%) dan meningkatkan kinerja mahasiswa pada mata kuliah statistika terapan (9%).

Item Type: Experiment
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Information and Communication Technology (ICT), Pembelajaran berbasis proyek.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 19 Aug 2020 02:21
Last Modified: 19 Aug 2020 02:21
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/1487

Actions (login required)

View Item View Item