Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Untuk Praktikum Morfologi Tumbuhan

Triwulandari, Syane and Windyariani, Sistiana and Ramdhan, Billyardi (2015) Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Untuk Praktikum Morfologi Tumbuhan. Utile : Jurnal Kependidikan, 1 (2). pp. 170-179. ISSN 2460-2086

[img]
Preview
Image
SCAN_0001.jpg

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Image
Cover.jpg

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Image
Daftar Isi.jpg

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Untuk Praktikum Morfologi Tumbuhan.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuat suatu instrumen yang tepat sebagai alat bantu hitung yang adil untuk mengukur kemampuan kinerja mahasiswa, mengukur hasil herbarium yang dihasilkan mahasiswa, dan mengontrol kontribusi anggota kelompok saat pembuatan herbarium pada kegiatan Praktikum Morfologi Tumbuhan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi semester II yang mengontrak mata kuliah Praktikum Morfologi Tumbuhan Tahun Akademik 2014/2015 sebanyak 17 Orang (13 orang perempuan dan empat orang laki-laki). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, validasi instrumen penilaian oleh validator/dosen ahli, dan angket. Pelaksanaan penelitian diawali dengan pembuatan instrumen penilaian dan angket kemudian divalidasi dan direvisi dilanjutkan dengan uji coba diakhiri dengan penyebaran angket sebelum diimplementasi dan didesiminasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga instrumen penilaian yang dibuat sudah layak dan bisa diimplementasi dan didesiminasikan pada mata kuliah Praktikum Morfologi Tumbuhan ditahun berikutnya. Berdasarkan nilai hasil pengolahan angket yaitu untuk instrumen penilaian kinerja sebesar nilai 89,44% (pengguna) dan 79,68% (mahasiswa), instrumen penilaian herbarium sebesar 90,74% (pengguna) dan 78,43 (mahasiswa), dan instrumen penilaian teman sejawat sebesar 92,60% (pengguna) dan 80,14% (mahasiswa).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: asesmen autentik, Research and Development (R&D), penilaian kinerja, penilaian herbarium, penilaian teman sejawat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 06 Jun 2017 04:18
Last Modified: 06 Jun 2017 04:18
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item View Item