PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI KELAS VII SMP RISALATUL UMMAH CISOLOK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Alfiah, Suci Nurlita (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI KELAS VII SMP RISALATUL UMMAH CISOLOK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Pembimbing.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Bebas Plagiat.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap kemampuan Menulis Cerita Fantasi Kelas VII SMP Risalatul Ummah Cisolok Tahun Pelajaran 2017/2018, dilatarbelakangi oleh faktor rendahnya keterampilan menulis siswa dan penerapan model pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui kemampuan menulis cerita fantasi sebelum menggunakan model pembelajaran Picture and Picture siswa kelas VII SMP Risalatul Ummah Cisolok. (2) Untuk mengetahui kemampuan menulis cerita fantasi sesudah menggunakan model pembelajaran Picture and Picture siswa kelas VII SMP Risalatul Ummah Cisolok. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP Risalatul Ummah Cisolok. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design, dengan desain penelitian One Grup Pretestt-postest Design. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu hanya satu kelas berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, di mana masing-masing melaksanakan dua kali tes yaitu prates dan pascates. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran berpengaruh pada keterampilan menulis siswa dalam menulis cerita fantasi yang dibuktikan dengan nilai rata-rata pada prates 70,9 sedangkan nilai rata-rata pascates yaitu 84. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan perhitungan statistik uji-t adalah thitung < ttabel yakni thitung = 18,14 dan ttabel = 2, 042. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap keterampilan siswa menulis cerita fantasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model Picture and Picture, Menulis, Cerita Fantasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 04 Dec 2018 04:13
Last Modified: 04 Dec 2018 04:13
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item