PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT PADA KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA KELAS VIII SMPN 13 KOTA SUKABUMI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Ginanjar, Rizki (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT PADA KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA KELAS VIII SMPN 13 KOTA SUKABUMI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Pembimbing.pdf

Download (341kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Bebas Plagiat.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (32kB)

Abstract

Keterampilan berbicara sangat berpengaruh penting terhadap kemampuan berargumentasi, Kemampuan berargumentasi adalah kemampuan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan yang disertai dengan hak-hak dan kewajiban yang baik dalam menyampaikan argumentasinya. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 13 Kota Sukabumi terdapat siswa yang berbahasa Indonesia tidak sesuai dengan kaidahnya pada saat berargumentasi, menerapkan Model Pembelajaran debat dapat menjadi solusi dalam menangani permasalah tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keterampilan berargumen sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran debat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pre-experimental design dengan menggunakan satu kelas eksperimen tanpa ada kelas kontrol serta menggunakan desain penelitian one group pretest-posttes design. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berargumentasi siswa mengalami peningkatan dengan memperoleh gain sebesar 1480.05 dengan rata-rata 33.63. Hal tersebut didukung uji hipotesis dengan perolehan thitung (31.42)> ttabel (2.021). Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran debat berpengaruh terhadap keterampilan berargumentasi siwa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Sukabumi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berargunentasi, berbicara, model pembelajaran debat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 04 Dec 2018 04:05
Last Modified: 04 Dec 2018 04:05
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item View Item