Setiawan, Feby Mulyaramadhiani (2018) ANALISIS UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK DALAM MAJALAH GADIS SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA PADA SISWA KELAS XI SMAN 4 KOTA SUKABUMI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.
Text
COVER.pdf Download (17kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan Pembimbing.pdf Download (86kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Bebas Plagiat.pdf Download (85kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (177kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (162kB) |
Abstract
Pembelajaran sastra memiliki tujuan agar siswa memperoleh pengetahuan unsur pembangun, salah satunya unsur intrinsik dan mengapresiasi karya sastra. Penelitian ini berjudul “Analisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Dalam Majalah Gadis Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra Pada Siswa Kelas XI SMAN 4 Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2017/2018”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur intrinsik yang terdapat dalam cerpen “Kejutan Ulang Tahun” karya Sintha Rosse, “Cokelat Berpita Biru” karya Indah Lestari, dan “Lunchbox” karya Azizah serta untuk mengetahui apakah hasil analisis unsur intrinsik ketiga cerpen tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran pada siswa kelas XI SMAN 4 Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis unsur intrinsik ketiga cerpen yang dilakukan peneliti meliputi tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, dan amanat. Berdasarkan hasil analisis unsur intrinsik ketiga cerpen yang telah dilakukan memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Nilai rata-rata yang didapatkan dari analisis cerpen “Kejutan Ulang Tahun” ialah 87,15, pada cerpen “Cokelat Berpita Biru” mendapatkan nilai rata-rata 91,71, dan pada cerpen “Lunchbox” mendapatkan nilai rata-rata 86,55. Kemudian hasil angket secara keseluruhan mendapatkan respons positif dari siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan cerpen dalam majalah Gadis dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran sastra pada siswa kelas XI SMAN 4 Kota Sukabumi, khususnya mengapreasi karya sastra dalam analisis unsur intrinsik cerpen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cerita pendek, analisis unsur intrinsik, bahan pembelajaran sastra. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus ID UMMI |
Date Deposited: | 03 Dec 2018 08:22 |
Last Modified: | 03 Dec 2018 08:22 |
URI: | http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/620 |
Actions (login required)
View Item |