Rahayu, Patra Kusuma (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBANTUAN PERSOALAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.
Text
COVER.pdf Download (101kB) |
|
Image
Lembar Pengesahan Pembimbing.jpg Download (4MB) |
|
Image
Lembar Pernyataan Bebas Plagiat.jpg Download (4MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (219kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (86kB) |
Abstract
Koneksi matematis tercantum dalam Tujuan Pembelajaran Matematika baik pada KTSP 2006 maupun Kurikulum Matematika 2013. Selain itu, NCTM (2000) mengemukakan bahwa koneksi matematis merupakan satu kompetensi dasar matematis yang perlu dikembangkan pada siswa sekolah menengah. Kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan siswa menghubungkan konsep-konsep matematika, baik dalam konsep itu sendiri maupun di luar konsep itu sendiri, serta dalam bidang lain maupun dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji tentang kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan model pembelajaran generatif berbantuan persoalan open-ended pada materi bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penerapan antara model pembelajaran generatif berbantuan persoalan open-ended, model pembelajaran generatif, dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Sukaraja tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 11 kelas, dengan jumlah siswa 379 orang. Sampel dipilih secara cluster random sampling dan diperoleh kelas VII A, VII B, dan VII C. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan koneksi matematis, sedangkan pengolahan data penelitian menggunakan uji Anava satu jalan dan uji lanjut pasca Anava (Scheffe’) pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data dan perhitungan Anava disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran generatif berbantuan persoalan open-ended, model pembelajaran generatif, dan model pembelajaran langsung. Pada uji lanjut pasca Anava, diperoleh kesimpulan bahwa; 1) tidak ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran generatif berbantuan persoalan open-ended dengan model pembelajaran generatif, 2) ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran generatif berbantuan persoalan open-ended dengan model pembelajaran langsung, 3) ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran generatif dengan model pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran generatif, persoalan open-ended, model pembelajaran langsung, dan koneksi matematis siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus ID UMMI |
Date Deposited: | 29 Nov 2018 04:33 |
Last Modified: | 29 Nov 2018 04:33 |
URI: | http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/596 |
Actions (login required)
View Item |