GAMBARAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA SISWA SD KRISTEN SATYA WACANA KELAS IV SALATIGA

Messakh, Sanfia Tesabela and Kinasih, Angkit and Wicaksono, Edho Ardi (2018) GAMBARAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA SISWA SD KRISTEN SATYA WACANA KELAS IV SALATIGA. In: Seminar Nasional PENJAS UMMI 2018, 28 Juli 2018, Sukabumi.

[img] Image
COVER PROSIDING SEMNAS PENJAS UMMI (1).png

Download (551kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB)
[img] Text
Hal. 255-260 (Sanfia Tesabela Messakh).pdf

Download (345kB)

Abstract

Kemampuan motorik anak dapat tumbuh dan berkembang secara baik apabila anak mempunyai pengalaman gerak yang beraneka macam. Motorik kasar adalah gerakan yang melibatkan otot-otot besar pada masa pertumbuhan. Gerakan tersebut diantaranya seperti berjalan, berlari, melompat, serta memanjat. Problematika yang dihadapi masyarakat modern saat ini adalah, kurangnya gerak atau aktivitas fisik yang dilakukan. Hal ini disebabkan oleh perubahan gaya hidup yang cenderung lebih pasif sebagai akibat munculnya teknologi-teknologi yang dimaksudkan untuk membantu kehidupan. Tuntutan gaya hidup mengakibatkan anak usia sekolah saat ini lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermaian di dalam rumah. Kegiatan bermain yang dulunya dilakukan secara fisik, pada jaman sekarang diganti dengan permainan yang ada dalam gadget sehingga kebutuhan untuk bergerak menjadi sangat kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan motorik kasar pada siswa kelas IV SD Satya Wacana Salatiga. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan jumlah populasi 56 siswa. Seluruh populasi akan menjadi riset partisipan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes motor ability untuk sekolah dasar. Teknik analisa data menggunakan perhitungan statistik deskriptif, mean dan standard deviasi. Tingkat kemampuan motorik siswa putra kelas IV SD Kristen Satya Wacana Salatiga terdapat 0 siswa (0%) dengan kategori sangat tinggi, 6 siswa (30%) dengan kategori tinggi, 10 siswa (50%) dengan kategori sedang, 4 (20%) siswa dengan kategori rendah, dan 0 siswa (0%) dengan kategori sangat rendah. Sedangkan kemampuan motorik siswa putri 2 siswa (6%) dengan kategori sangat tinggi, 7 siswa (19%) dengan kategori tinggi, 18 siswa (50%) dengan kategori sedang, 8 siswa (22%) dengan kategori rendah, dan 1 siswa (3%) dengan kategori sangat rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, kemampuan motorik kasar siswa putra dan putri masuk dalam kategori “sedang”. Dengan hasil presentase kategori kemampuan pada siswa putra yaitu sebanyak 50% (10 siswa) dan siswa putri 50% (18 siswa).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: motorik kasar, kemampuan motorik, anak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 01 Oct 2018 08:10
Last Modified: 01 Oct 2018 08:10
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item View Item