PEMBELAJARAN IPS BERBASIS NILAI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA SMP

Hurri, Ibnu and Widiyanto, Rohmat (2018) PEMBELAJARAN IPS BERBASIS NILAI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA SMP. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 2 (1). pp. 12-23. ISSN 2581-1843

[img] Text
18338-50876-1-PB.pdf

Download (302kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai pembelajaran IPS yang berlandaskan pada nilai kearifan lokal Sunda untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMP, selain itu juga melihat fenomena yang terjadi pada generasi muda (remaja) saat ini. Fenomena globalisasi selain membawa pengaruh positif, juga tidak sedikit membawa pengaruh negatif yang ditandai oleh tergerusnya nilai-nilai kearifan lokal, termasuk nilai-nilai tradisi ngaos, mamaos dan maenpo pada masyarakat Sunda. Selain itu juga disebabkan oleh pengaruh yang datang dari para pendatang dimana mereka masih mempertahankan nilai-nilai budaya yang dibawa dari daerah asalnya tanpa mau memperkaya diri dengan nilai lokal di tempat mereka hidup sekarang. Nilai-nilai budaya yang dimiliki oleh masyarakat sangat penting ditransfromasikan dalam pendidikan, sehingga diketahui, diterima dan dapat dihayati oleh peserta didik. Pembelajaran IPS di tingkat sekolah pada dasarnya bertujuan untuk mempersiapkan para siswa sebagai warga negara yang mempunyai pengetahuan (knowlodge), keterampilan (skill), sikap dan nilai (attitudes and values) yang dapat dijadikan sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah pribadi atau masalah sosial dan kemampuan mengambil keputusan serta berpartisipasi dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan agar menjadi warga negara yang baik dan mencintai serta bangga akan budaya sendiri sebagai jatidirinya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPS, kearifan lokal, kepedulian sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 14 Aug 2018 03:38
Last Modified: 14 Aug 2018 03:38
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item View Item