PENGARUH MEDIA FILM TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI CERITA INSPIRATIF SISWA KELAS IX SMP NEGERI 10 KOTA SUKABUMI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Gusman, Annisa Jayanti (2018) PENGARUH MEDIA FILM TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI CERITA INSPIRATIF SISWA KELAS IX SMP NEGERI 10 KOTA SUKABUMI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Pembimbing.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pernyataan Bebas Plagiat.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Media Film Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Cerita Inspiratif Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Kota Suabumi Tahun Pelajaran 2017/1018, yang dilatarbelakangi oleh factor rendahnya minat dan keterampilan menulis dan penerapan media pembelajaran yang kurang beragam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan: 1) Mengetahui keterampilan menulis certa inspiratif siswa kelas IX SMP Negeri 10 Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2017/2018 sebelum menggunakan media film. 2) Mengetahui keterampilan siswa dalam menulis narasi cerita inspiratif dengan menggunakan media film Kata Maaf Terakhir siswa kelas IX SMP Negeri 10 Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Mengetahui pengaruh media film Kata Maaf Terahir terhadap kemampuan menulis narasi cerita inspiratif siswa kelas IX SMP Negeri 10 Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One Group Pretestt-Postest Design. Jumlah sampel yang diambil yakni 36 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, di mana masing-masing melaksanakan dua kali tes yaitu prates dan pasca test. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu media Film berpengaruh pada keterampilan siswa dalam menulis narasi cerita inspiratif yang dapat dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata pada prates 68 sedangkan nilai rata-rata pada pascates 78. Hasil yang diperoleh dari penelitian berdasarkan perhitungan statistic uji-t adalah thitung<ttabel yakni thitung = 12,80 dan ttabel= 1,68957. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media Film terhadap keterampilan siswa menulis cerita pendek

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, cerita inspiratif, media film
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 18 Jul 2018 03:35
Last Modified: 18 Jul 2018 03:35
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item View Item