PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIMODIFIKASI NUMBERED TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Penelitian Dilaksanakan pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Ciemas Kabupaten Sukabumi Tahun Ajaran 2017/2018)

Nuraeni, Dini (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIMODIFIKASI NUMBERED TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Penelitian Dilaksanakan pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Ciemas Kabupaten Sukabumi Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Lembar Pengesahan Pembimbing.JPG

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Lembar Pernyataan Bebas Plagiat.JPG

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dimodifikasi Numbered dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dan siswa yang menggunakan model pembelajaran Langsung. Serta untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang lebih baik dari ketiga model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu (quasi experimen) bentuk the nonequivalent posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ciemas Kabupaten Sukabumi tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan tek non tes. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes menggunakan data postes. Sedangkan, pengumpulan data melalui teknik non tes ditempuh melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu intrumen tes dan intrumen non tes, instrument non tes yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dimodifikasi numbered, siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL, dan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung; 2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dimodifikasi numbered lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL; 3) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dimodifikasi numbered lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung; 4) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL tidak lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Numbered, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 05 Jul 2018 06:58
Last Modified: 05 Jul 2018 06:58
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/288

Actions (login required)

View Item View Item