PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PENDEKATAN STUDI KASUS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Prawidaningrum, Putri and Mulyanti, Yanti and Lukman, Hamidah Suryani (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PENDEKATAN STUDI KASUS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. In: Seminar Nasional Pendidikan 2017, 09 Agustus 2017, Sukabumi.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
36. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PENDEKATAN STUDI.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara model pembelajaran problem posing dengan pendekatan studi kasus, model pembelajaran problem posing, dan model pembelajaran langsung terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol tidak ekuivalen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Sukabumi tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah peserta didik 160. Teknik pengambilan sampel menggunakan acak kelas. Terpilih kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen 1 dengan jumlah peserta didik 40 , peserta didik kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah peserta didik 40, dan peserta didik kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 40. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian. Data hasil penelitian dianalisis melalui uji Kruskal Wallis H dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan atara model pembelajaran problem posing dengan pendekatan studi kasus, model pembelajaran problem posing, dan model pembelajaran langsung terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Model pembelajaran problem posing dengan pendekatan studi kasus dan model pembelajaran problem posing lebih baik dari pada model pembelajaran langsung terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika. Namun, model pembelajaran problem posing dengan pendekatan studi kasus tidak lebih baik dari model pembelajaran problem posing.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Problem Posing Learning Model, Case Study Learning Approach, Mathematical Problem Solving Skill.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 19 Mar 2018 08:53
Last Modified: 11 Jul 2018 07:16
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item View Item