ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING KELAS 2 SDN 2 CIBADAK

Elsani, Haikal and Maula, Luthfi Hamdani and Uswatun, Din Azwar (2020) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING KELAS 2 SDN 2 CIBADAK. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5 (1). pp. 38-49. ISSN 2580-9075

[img] Text
77

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep perkalian siswa pada pembelajaran matematika berbasis daring. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman wawancara dan dokumentasi hasil nilai pengetahuan siswa untuk meilhat kemampuan pengetahuan siswa mengenai pemahaman konsep perkalian matematika. Subjek penelitian menggunakan Quota Sampling untuk pemilihan subjek dalam penulisan ini, karena subjek yang diteliti yaitu kelompok yang telah ditetapkan sesuai dengan kuota kelas yaitu kelas 2A sekolah dasar dan tidak meneliti banyak subjek untuk diteliti karena keterbatasan waktu penulisan. Hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep siswa terhadap matematika dengan menggunakan daring kurang efektif dan sulit dipahami oleh siswa kelas IIA karena pembelajaran matematika harus secara langsung dan nyata. Pembelajaran daring ini memerlukan bahan yang cukup banyak seperti jaringan internet harus kuat, memiliki kuota yang cukup, dan handphone android. Siswa yang memahami pemahaman konsep matematika melalui daring hanya 10 siswa yang menguasai pemahaman konsep perkalian dan sisanya masih kurang memahami.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika, Pembelajaran Daring, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 28 Jul 2021 08:20
Last Modified: 28 Jul 2021 08:20
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/1807

Actions (login required)

View Item View Item