ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

Naziah, Syifa Tiara and Maula, Luthfi Hamdani and Sutisnawati, Astri (2020) ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. Jurnal JPSD (Pendidikan Sekolah Dasar), 7 (2). pp. 109-120. ISSN 2614-0136

[img] Text
17327

Download (28kB)

Abstract

Keaktifan belajar siswa adalah kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa aktif secara langsung selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keaktifan belajar siswa selama pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Padabeunghar, dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Padabeunghar. Data kualitatif tersebut dianalisis menggunakan reduksi, kemudian disajikan, lalu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa selama pembelajaran daring, keaktifan belajar siswa tidak sepenuhnya dapat dicapai sesuai dengan indikator keaktifan belajar. Hal ini diakibatnya karena adanya faktor kendala selama pembelajaran daring dilaksanakan seperti kurangnya alat peraga dan terbatasnya akses internet.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar Siswa, Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 26 Jul 2021 03:14
Last Modified: 26 Jul 2021 03:14
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/1794

Actions (login required)

View Item View Item