UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TIPE WEBBED DENGAN PENDEKATAN INKUIRI

Novianti, Nita (2017) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TIPE WEBBED DENGAN PENDEKATAN INKUIRI. In: Seminar Nasional Pendidikan 2017, 09 Agustus 2017, Sukabumi.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan proses sains peserta didik masih rendah dalam pembelajaran IPA terpadu . Hal ini terlihat dari kemampuan peserta didik dalam melakukan merangkai alat dan melakukan percobaan secara mandiri masih sulit pada ujian praktik kelas IX tahun pelajaran 2016/2017 di SMP Negeri 6 Kota Sukabumi. Selain itu juga minimnya peserta yang mengikuti lomba karya ilmiah menunjukkan bahwa ketertarikan peserta didik dalam proses sains masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran IPA tipe webbed tema pemanfaatan sampah dengan menggunakan pendekatan inkuiri. Penelitian menggunakan satu kelas VII yang dipilih secara acak di SMP Negeri di Kota Sukabumi dengan menggunakan dua siklus belajar yang dilihat peningkatnya dari hasil proses belajar. Satu kelas tersebut digunakan sebagai kelas pembelajaran IPA tipe webbed yang menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing pada pembelajaranya. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis untuk melihat keterampilan proses, lembar observasi kegiatan pembelajaran dan kegiatan siswa, serta angket.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pendekatan inkuiri, pembelajaran IPA tipe webbed ,keterampilan proses.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:12
Last Modified: 27 Sep 2017 04:12
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item View Item